Pelapisan dan Kesetaraan Derajat dalam Ilmu Sosial

Dalam kehidupan masyarakat selalu dijumpai keadaan yang sangat bervariasi dan dengan keadaan yang tidak sama. Pada sisi lain setiap manusia mengidam-idamkan adanya kesamaan, dalam agama mengajarkan bahwa setiap manusia mempunyai kesamaan derajat. Di badan dunia pun menganggap bahwa manusia mempunyai hak yang dibawanya sejak lahir yang melakat pada dirinya, terbukti adanya Universal Declaration of Human Right.Pelapisan sosial adalah penggolongan atau pengelompokan anggota masyarakat secara vertial, pada dasarnya pelapisan masyarakat bisa kita golongkan menjadi beberapa contoh pelapisan, diantaranya penggolongan melalui kekayaan, penggolongan melalui kekuasaan atau wewenang. Disini saya akan mencoba mengupas apa itu yang di maksud penggolongan melalui kekayaan, kita dapat mengetahui sendiri bahwa kekayaan itu dapat dinilai melalui materi yang ia meiliki, didalam kehidupan bermasyarakat di indonesia sering sekali kita temui pelapisan sosial melalui kekayaan seseorang, barang siapa yang memiliki kekayaan paling banyak maka ia akan masuk pada golongan lapisan teratas didalam lapisan sosial, dan sebaliknya barang siapa yang tidak memiliki kekayaan maka ia kan digolongkan pada lapisan yang terendah. Sebuah kekayaan materi ini sebenarnya sangat mudah mengetahuinya karena kita bisa melihat melalui bentuk tempat tinggal yang ia punya, benda- benda tesier (mewah) yang ia punya, cara berpakaiannya, maupun gaya hidupnya.Pelapisan yang kedua dalah pelapisan melalui kekuasaan atau wewenang, seseorang yang memiliki sebuah kekuasaan dan wewenang paling besar pasti akan lebih di segani dibandingkan seseorang yang tidak memiliki kekuasaan, ia pasti akan dipandang biasa-biasa saja, dari pemikiran tadi saja kita pasti akan mengerti apa itu yang dimaksud penggolongan kekuasaan dari sebuah sudut pandang manusia, tetapi jika seseorang telah mamiliki kekuasaan atau wewenang yang besar ia juga harus lebih bertanggung jawab dalam mengerjakan berbagai tugas yang telah ia miliki.

Kesamaan derajat pada setiap manusia itu adalah kesetaraan atau kesamaan derajat yang di miliki oleh setiap manusia didalam hidupnya, pada dasarnya pula manusia dari sejak lahir dibumi memiliki hak yang sama, hak itu dinamakan Universal Declaration of Human Right.  Hak itu menjelaskan pula bahwa manusia yang sejak lahir dibumi memiliki hak untuk hidup. Selain itu manusia juga mempunyai kesamaan atau kesetaraan derajat yang sama di hadapan hukum tanpa harus membeda-bedakan dari sudut ekonomi sosial, jadi setiap orang berhak mendapatkan perlindungan atau hukuman yang adil di dalam hadapan hukum indonesia. Selain itu di dalam kehidupan sebenarnya warga negara indonesia juga memiliki hak yang sama untuk hidup dan memiliki perkerjaan yang layak untuk kesejahteraan sosial tanpa terkecuali.

 Dari beberapa contoh-contoh yang telah saya sebutkan tadi, dapat kita ambil kesimpulan bahwa manusia itu dalam kehidupan sosial bermasyarakat memiliki kesamaan derajat dalam bidang apapun tanpa harus membeda-bedakan status ekonomi sosial yang dimilikinya.Beberapa Teori ttg Pelapisan Sosial

Pelapisan masyarakat dibagi menjadi beberapa kelas :

  • ·        Kelas atas (upper class)
  • ·        Kelas bawah (lower class)
  • ·        Kelas menengah (middle class)
  • ·        Kelas menengah ke bawah (lower middle class)

Dasar-dasar pembentukan pelapisan sosial

Ukuran atau kriteria yang menonjol atau dominan sebagai dasar pembentukan pelapisan sosial adalah sebagai berikut.

  • Ukuran kekayaan

Kekayaan (materi atau kebendaan) dapat dijadikan ukuran penempatan anggota masyarakat ke dalam lapisan-lapisan sosial yang ada, barang siapa memiliki kekayaan paling banyak mana ia akan termasuk lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial, demikian pula sebaliknya, yang tidak mempunyai kekayaan akan digolongkan ke dalam lapisan yang rendah. Kekayaan tersebut dapat dilihat antara lain pada bentuk tempat tinggal, benda-benda tersier yang dimilikinya, cara berpakaiannya, maupun kebiasaannya dalam berbelanja.

  • Ukuran kekuasaan dan wewenang

Seseorang yang mempunyai kekuasaan atau wewenang paling besar akan menempati lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan. Ukuran kekuasaan sering tidak lepas dari ukuran kekayaan, sebab orang yang kaya dalam masyarakat biasanya dapat menguasai orang-orang lain yang tidak kaya, atau sebaliknya, kekuasaan dan wewenang dapat mendatangkan kekayaan.Ukuran kehormatan

Ukuran kehormatan dapat terlepas dari ukuran-ukuran kekayaan atau kekuasaan. Orang-orang yang disegani atau dihormati akan menempati lapisan atas dari sistem pelapisan sosial masyarakatnya. Ukuran kehormatan ini sangat terasa pada masyarakat tradisional, biasanya mereka sangat menghormati orang-orang yang banyak jasanya kepada masyarakat, para orang tua ataupun orang-orang yang berprilaku dan berbudi luhur.

  • Ukuran ilmu pengetahuan

Ukuran ilmu pengetahuan sering dipakai oleh anggota-anggota masyarakat yang menghargai ilmu pengetahuan. Seseorang yang paling menguasai ilmu pengetahuan akan menempati lapisan tinggi dalam sistem pelapisan sosial masyarakat yang bersangkutan. Penguasaan ilmu pengetahuan ini biasanya terdapat dalam gelar-gelar akademik (kesarjanaan), atau profesi yang disandang oleh seseorang, misalnya dokter, insinyur, doktorandus, doktor ataupun gelar profesional seperti profesor. Namun sering timbul akibat-akibat negatif dari kondisi ini jika gelar-gelar yang disandang tersebut lebih dinilai tinggi daripada ilmu yang dikuasainya, sehingga banyak orang yang berusaha dengan cara-cara yang tidak benar untuk memperoleh gelar kesarjanaan, misalnya dengan membeli skripsi, menyuap, ijazah palsu dan seterusnya.

 

Disadur dari:

http://id.wikipedia.org/wiki/Stratifikasi_sosial

http://en.wikipedia.org/wiki/Equality

 

 

2 responses to “Pelapisan dan Kesetaraan Derajat dalam Ilmu Sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s